Kamis, 29 September 2011

TIPS MENGATASI NYERI SAAT HAID


Rasa nyeri ini disebabkan adanya kontraksi rahim atau iskemia otot rahim dan lepasnya dinding rahim akibat peningkatan prostaglandin. Selain itu, rasa nyeri haid juga dikarenakan faktor hormonal, psikis, bahkan kecemasan yang berlebihan. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk mengatasi rasa sakit itu.
1. Kompreslah bagian yang dirasakan sakit dengati menggunakan botol berisi air hangar.
2. Usap-usap secara perlahan bagian perut ataupun pinggang.
3. Minumlah minuman hangat yang mengandung kalsium tinggi.
4. Tarik napas dalam-dalam secara perlahan untuk relaksasi.
5. Ambil posisi menungging sehingga rahim tergan­tung ke bawah. Hal tersebut dapat membantu relaksasi.
6. Jika Anda memilih menggunakan obat sebagai penetral rasa sakit, maka gunakanlah obat-obatan dengan pengawasan dokter. Boleh minum analgesik (penghilang rasa sakit) yang banyak dijual di toko obat, asalkan dosisnya tidak lebih dari 3 kali sehari.
7. Mandi air hangar, boleh juga menggunakan aroma terapi untuk menenangkan diri.
8. Suhu panas merupakan ramuan tua yang patut dicoba. Gunakan heating (bantal pemanas), kompres handuk, atau botol berisi air panas, di perut dan punggung bawah, serta minumlah minuman hangat. Mandi air hangat juga dapat membantu menghilangkan rasa nyeri.
9. Tidurlah yang cukup serta olahraga teratur (termasuk banyak jalan). Beberapa wanita dapat mengurangi rasa nyeri dengan berolahraga. Selain mengurangi stres, olahraga juga dapat meningkatkan produksi endorfin otak, penawar rasa sakit alami dalam tubuh. Tidak ada pembatasan aktivitas olahraga selama haid.
10. Pada kasus yang sangat jarang dan ekstrem, kadang diperlukan eksisi pada saraf uterus.
11. Sebuah terapi alter­natif, yaitu visuali­sasi, dapat memban­tu mengurangi nyeri haid.
12. Sebagai tambahan, aroma terapi dan pemijatan juga dapat mengurangi rasa ti­dak nyaman. Pijatan yang ringan dan melingkar dengan menggunakan telunjuk pada perut bagian bawah akan membantu mengurangi nyeri haid. Mendengarkan musik, membaca buku atau menonton film juga dapat menolong anda yang mengalami nyeri saat haid.

Selain beberapa tips di atas ternyata ada beberapa makanan yang dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit saat tamu rutin bulanan itu tiba, seperti:
Susu
Mengonsumsi dosis kalsium sekitar 1200 miligram setiap harinya, dapat menolong Anda mengurangi rasa sakit saat menstruasi tiba. Untuk mendapatkan kandungan kalsium yang tinggi, Anda bisa memulai untuk meminum susu dan berbagai produk variannya seperti yoghurt atau keju. Jika Anda memiliki alergi laktosa, cobalah alternatif seperti broccoli, yang memiliki kandungan kalsium yang juga tinggi.
Pisang
Kandungan Vitamin B6 yang tinggi, bisa Anda temukan dalam pisang. Vitamin B6 ditengarai memiliki fungsi untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi. So, jika Anda ingin mengurangi rasa nyeri, dan mengembalikan mood saat menstruasi, maka pisang bisa menjadi pilihan tepat. Sumber vitamin B6 lain bisa Anda temukan dalam daging ayam dan gandum.
Kacang-Kacangan
Makanan yang kaya magnesium seperti kuaci, kacang, dan kacang mete, menurut beberapa studi dapat menolong Anda untuk mengurangi rasa sakit di perut dan mood yang buruk. Magnesium juga dapat membantu Anda untuk mengurangi penyimpanan cairan di dalam tubuh.
Sardin
Jika Anda merupakan pencinta sea food, maka sarden selain nikmat ternyata juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Dengan kandungan asam lemak Omega-3 yang bisa mengurangi kram saat menstruasi, sarden juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi.
Nanas
Kaya akan kandungan mangan, nanas sangat cocok untuk mengangkat kembali mood Anda, dan mengurangi penumpukan air di dalam tubuh. Sumber makanan lainnya yang memiliki kandungan mangan dalam jumlah yang baik untuk tubuh adalah nasi merah dan raspberri.

PENGETAHUAN SOAL ALAT REPRODUKSI WANITA

Organ reproduksi perempuan terdiri dari :

Uterus atau rahim. Bentuknya seperti buah pear, lonjong ke bawah dan besarnya kira-kira sebesar kepalan tangan.
Cervix yang merupakan jalur antara saluran vagina dan merupakan tempat keluarnya darah menstruasi.
Tuba fallopi,-terletak kiri kanan uterus-, di ujung-ujungnya terdapat ovarium.
Ovarium, ukurannya seperti kacang almond dan memproduksi telur. Di dalam ovarium ini terdapat 200 ribu sampai 400 ribu follicle yang berisi bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menghasilkan telur.
Endometrium terletak di dalam uterus. Endometrium inilah yang luluh saat terjadi menstruasi.
Selain jaringan endometrial, menstruasi juga mengeluarkan darah yang keluar lewat cervix dan vagina. Bila terjadi kehamilan, endometrium akan menebal dan diisi dengan jaringan darah yang kemudian terhubung dengan plasenta.

MENGAPA KALAU LAGI HAID SEBAGIAN WANITA MERASA SAKIT ?



alat reproduksi wanita
Hal ini sama dengan ketika mulut terkena sariwan di mana sel epitel yang ada di dalam mulut sedang terluka. Saat menstruasi, sel epitel yang ada di dalam rahim meluruh, makanya seringkali menyebabkan rasa sakit. Ini tidak masalah, kecuali bila sangat sakit. Ada kemungkinan posisi rahimnya yang agak miring sehingga bersinggungan dengan syaraf-syaraf pada tulang belakang atau ada kelainan di dalam rahim. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Jangan malu untuk pergi memeriksakan diri ke dokter kandungan hanya karena Anda masih perawan dan atau takut dibilang macam-macam. Lebih baik sehat daripada menderita hanya karena rasa malu!!!

RAMUAN UNTUK MENGATASI RASA SAKIT KETIKA HAID / MENSTRUASI

Sediakan setengah ibu jari asam kawak, 10 potong temulawak dan gula aren secukupnya di tambah 3 jari ibu kunyit / biang kunyit. Direbus jadi satu dengan 1 gelas air. Biarkan hinggaairnya tinggal 1/2 gelas. Diminum setiap pagi berturut-turut dalam satu minggu menjelang datang bulan. Ketika haid datang jika Anda masih merasakan sakit atau nyeri, Anda bisa minum campuran air daun sirih dan biang kunyit, karena dua-duanya mengandung antibiotik alami yang hebat.

Sekian kiranya bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

ARTIKEL KESEHATAN © 2008. Design By: SkinCorner